Satpolairud Polresta Banyuwangi Melaksanakan Giat Pengenalan Alat Keselamatan Saat Dilaut Dan Pelatihan SAR Laut

Banyuwangi,hariannews.id — Satpolairud Polresta Banyuwangi melaksanakan pelatihan Search and Rescue (SAR) kepada adik-adik Pramuka Saka Bhayangkara pangakalan Polresta Banyuwangi di Mako Satpolairud Polresta Banyuwangi, Minggu (4/2/2024).

Sebanyak 16 anggota Pramuka Saka Bhayangkara pangakalan Polresta Banyuwangi diberikan pelatihan tentang kemampuan mencari, menolong dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang khususnya musibah dalam pelayaran, dan bencana alam banjir.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP I Nyoman Ardita, S.H, M.H melalui Bripka I Nyoman Suma menjelaskan kepada seluruh peserta pelatihan dasar Water Rescue bahwa seluruh anggota Pramuka harus memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam memberikan pertolongan.

Dengan mengikuti pelatihan dasar Water Rescue di Mako Satpolairud Polresta Banyuwangi merupakan langkah yang tepat dan modal anggota Pramuka dapat mengetahui bagaimana menangani korban, menghadapi kondisi alam yang ekstrem dan menghindari bahaya yang ada di sekitar serta hal-hal teknis maupun nonteknis di lapangan.

Sebelum memberikan pengetahuan dasar Water Rescue, personil Satpolairud Polresta Banyuwangi melakukan pemanasan dan dilanjutkan dengan pemberian teori cara-cara pertolongan pertama saat kecelakaan di sungai dan laut.

Ditempat yang berbeda AKP I Nyoman Ardita, S.H, M.H mengatakan pelatihan SAR kepada anggota Saka Bhayangkara Susuit Tubun/Malahayati Polresta Banyuwangi merupakan upaya meningkatkan kemampuan dalam pencarian, pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia yang mengalami musibah khususnya saat berada di laut.

“Kami sangat senang sekali di datangi adik-adik pramuka dari Saka Bhayangkara Pangakalan Polresta Banyuwangi yang ingin belajar tentang SAR guna membantu orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan pertolongan” ucap AKP I Nyoman Ardita.

Selain pemberian materi teori tentang pertolongan pertama pada korban, kami juga menyampaikan berbagai macam jenis alat keselamatan dalam pelayaran serta teori dan praktik cara menggunakan dayung serta memindahkan perahu karet yang benar kepada adik-adik pramuka.

Latihan pengenalan SAR semakin menarik saat anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polresta Banyuwangi di perkenalkan pada Kapal Patroli KP 1033.

Pewarta: Guntur Putra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan