Penekanan Pengawasan Tahapan Kampanye Secara Masif dan Turut Serta Dalam Setiap Kegiatan Kampanye di Wilayah Kerja Panwascam Kertasemaya

Indramayu.hariannews.id | Dalam tahapan kampanye ini Panwaslu Kecamatan Kertasemaya telah melakukan pengawasan kampanye dari jajaran Panwascam sampai dengan jajaran PKD di semua wilayah Kecamatan Kertasemaya agar dapat terciptanya pemilu yang masif, kondusif dan aman bagi masyarakat.

Dalam pengawasan kampanye tersebut dilakukan secara masif dan terjun langsung dalam kegiatan kampanye.
Pada rapat umum, pertemuan tatap muka dan kegiatan lainnya. Panwaslu Kecamatan Kertasemaya terdapat 15 kegiatan kampanye yang dilakukan oleh calon Presiden, DPRRI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Sedangkan pengawasan alat peraga kampanye yang terpasang di wilayah Kecamatan Kertasemaya terdapat 602 APK yang terpasang. Dalam tahapan pengawasan kampanye tersebut Panwaslu melakukan himbauan kepada peserta, Panitia dan Forkopimcam serta Kasi Trantib (POL PP) Kecamatan Kertasemaya secara tertulis untuk melakukan pencegahan.

Panwaslu Kecamatan Kertasemaya juga telah melakukan kordinasi dengan peserta Pemilu, penyelenggara dan pemerintahan Kecamatan Kertasemaya guna memberikan sosialisasi dan pencegahan agar proses kegiatan kampanye di wilayah Kecamatan Kertasemaya dapat terselenggara dengan memperhatikan peraturan yang berlaku.

Mengingat dalam tahapan kampanye ini tidak hanya berdasarkan PKPU dan Perbawaslu tapi juga keputusan Bupati no 86 yang mengatur pemasangan alat peraga kampanye.

Dalam masa kampanye Panwaslu Kecamatan Kertasemaya telah melakukan monitoring dan kontroling penertiban alat peraga kampanye yang terpasang pada titik lokasi yang terpasang pada zona terlarang sebanyak 185 alat peraga kampanye yang terdiri dari spanduk, baliho, poster dan alat peraga kampanye lainnya. Pelaksanaan penertiban itu dilakukan oleh Satpol PP Kecamatan Kertasemaya.

Khairul Umam, S.Pd. selaku koordinator divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa mengatakan “Kita masih akan terus melakukan pengawasan kampanye secara melekat baik metode tatap muka, rapat terbuka atau metode lainya seperti pemasangan alat peraga kampanye dan media sosial. sampai dengan hari tenang tanggal 11-13 Pebruari 2024 nanti. Kami juga akan selalu menyampaikan himbauan dan pencegahan kepada peserta Pemilu, Kepala Desa, ASN. Dan pihak-pihak yang tidak diperbolehkan melakukan kampanye. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan forkopimcam terkait dengan ketertiban, keamanan dalam tahapan kampanye ini.” ungkapnya.

“Sinergitas ini penting dilakukan untuk menciptakan pemilu yang kondusif dan aman di wilayah Kecamatan Kertasemaya” pungkasnya

(Ikhbar H)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan