Jumat Curhat Kapolsek Sugio AKP Muhammad Lukman Hadi SH MH Bersama Anggota Bertempat Di Balai Desa Supenuh Kecamatan Sugio

Lamongan.hariannews.id,

Kapolsek Sugio AKP Muhammad Lukman Hadi, S,H,M,H,Laksanakan Kegiatan Jumat Curhat,Jumat Sehati Bertempat di Desa Supenuh ,kecamatan Sugio (10/11/23).

Bacaan Lainnya

Kegiatan Jumat Curhat merupakan salah satu giat Pelaksanaan Program Prioritas Kapolri yang dilaksanakan dengan cara penyuluhan atau edukasi tatap muka dengan Tokoh/Kepala Desa/Lurah, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda ke desa-desa atau kelurahan, tempat-tempat umum (Pasar dan terminal).

Giat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum kepada warga masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan dan kelompok komunitas, baik berupa peningkatan kemitraan dan memperoleh masukan masukan tentang Kamtibmas secara langsung dari masyarakat.

Hadir dalam giat tersebut,:

SUSILO WAHYUONO, S.H., M.H. (Sekcam Sugio)
2. AKP MUHAMMAD LUKMAN HADI, S.

3.  H., M.H. (Kapolsek Sugio)
3. ACHMAD (Kepala Desa Supenuh)
4. Pelda RATENO (Anggota Koramil Sugio)
5. Perangkat Desa Supenuh
5. Perwakilan Warga Masyarakat
6. Perwakilan Pemuda
7. 2 Anggota Polsek Sugio

Dalam arahannya, Kapolsek Sugio Akp Muhammad Lukman Hadi, SH.M,H, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar dapat menghindari permasalahan-permasalahan yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.srperti point-point di bawah ini.

Ucapan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Jum’at Curhat yang di laksanakan oleh Kapolsek Sugio bersama anggota Sugio.
2. Adapun maksud dari Jum’at Curhat ini adalah sebagai jaringan kedekatan Pemerintah Desa, Polsek Sugio dengan warga masyarakat.
3. Apapun permasalahan yg ada di desa-desa, dusun agar disampaikan.
4. Penyampaian situasi Desa Supenuh (Ipoleksosbudkam). Bahwa wilayah Desa Supenuh sampai saat ini masih dalam keadaan aman kondusif masyarakat hidup saling berdampingan. Terkait dengan organisasi perguruan silat yang ada di wilayah desa Supenuh, Alhamdulillah rukun dan damai tanpa adanya gesekan.P

Paparan Kapolsek Sugio AKP MUHAMMAD LUKMAN HADI, S.H., M.H. :

1. Bahwa kami hadir di sini untuk melaksanakan salah satu kegiatan yaitu Jum’at Curhat yang intinya ingin menjaring permasalahan yang ada di desa-desa.
2. Ada beberapa hal yang perlu sampaikan terkait Kamtibmas wilayah antara lain :
a. Peralihan Musim dari kemarau ke musim hujan, agar warga masyarakat selalu berhati-hati karena dibeberapa wilayah di Kabupaten Lamongan sudah mulai terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang. Selalu jaga kesehatan diri agar tidak mudah terserang penyakit. Hindari beraktivitas saat terjadi hujan lebat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
b. Kejadian kriminalitas :
– beberapa bulan terakhir tingkat Curanmor di wilayah Sugio menurun, meski demikian warga masyarakat dihimbau agar tetap hati-hati dan waspada dalam memarkirkan kendaraan bermotor, mari kita jaga harta bergerak kita masing-masing (sepeda motor, perhiasan).
– Kejahatan bukan hanya di karenakan niat tapi adanya kesempatan juga salah satu pendukung seseorang untuk berbuat jahat.
– Kita harus berhati hati pada diri sendiri dan juga menjaga kehati hatian orang lain utamanya saat berkendara dijalan raya agar terhindar dari kecelakaan.

c. Diharapkan warga masyarakat tetap membawa kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, jaket dan Helm untuk menghindari kecelakaan. Apalagi saat mengurus Surat ke Polsek Sugio maupun Polres Lamongan baik itu SKCK, Kehilangan atau yang lainnya agar selalu menggunakan helm saat berkendara roda dua.

d. Ucapan banyak terima kasih atas kerjasama, dukungan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan kepala desa yang banyak membantu dalam menciptakan kondusifitas wilayah Kecamatan Sugio.

PERMASALAHAN :

1. Mulai maraknya Penipuan berkedok investasi dengan hasil yang berkalilipat yang tidak segan menelpon korbannya dan memberikan janji-janji manis untuk menjerat korbannya tersebut.

Kapolsek Sugio : Warga masyarakat dihimbau agar selalu berhati-hati terutama saat menyangkut soal uang. Jangan mudah percaya dengan investasi bodong yang banyak memberikan janji palsu, para penipu tersebut mempunyai banyak siasat untuk merayu para korbannya. Setelah korbannya berinvestasi mereka kabur, hilang tanpa jejak dengan membawa hasil penipuan yang mereka lakukan. Akhir-akhir ini juga marak terjadinya penipuan yang berkedok Arisan, yang mana sangat diminati oleh ibu-ibu.

Sebelum melaksanakan investasi lebih baik pastikan dulu investasi tersebut aman atau tidak, orang-orang yang ada di sana dapat dipercaya atau tidak, bicarakan dulu dengan keluarga sebelum berinvestasi, tanyakan kepada orang-orang yang sudah pernah berinvestasi ditempat tersebut, agar kita semua terhindar dari penipuan. Tetap berhati-hati dan jangan mudah tergiur dengan hasil yang berkali lipat.

2. Beredarnya video gerombolan anak kecil yang memegang benda seperti sajam dan berlaga seperti gangster di monumen waduk gondang yang banyak membuat warga resah.

Kapolsek Sugio : Terkait adanya video viral di media sosial yang memperlihatkan segerombolan anak-anak yang membawa benda seperti sajam yang sudah banyak membuat warga masyarakat di wilayah kecamatan Sugio resah, apalagi bersamaan dengan membumingnya berita tentang gangster akhir-akhir ini. Perlu kami sampaikan bahwasanya Polsek Sugio sudah melaksanakan Klarifikasi terkait beredarnya video tersebut dan kami dapat beberapa kesimpulan :
– Pertama video tersebut dibuat dan diunggah ke media sosial Tiktok sekitar bulan Agustus 2023.
– Benda yang mirip Sajam yang digunakan dalam video tersebut merupakan mainan yang dibuat dari pipa paralon air bekas yang dimodif menyerupai Senjata Tajam, BUKAN SAJAM ASLI.

Kami sudah memanggil anak-anak yang ada dalam video tersebut bersama dengan orang tua masing-masing anak untuk melakukan Klarifikasi atas Video yang viral tersebut. Kami juga memberikan Peringatan agar hal semacam itu tidak dilakukan lagi, apalagi akhir-akhir ini sedang marak di media sosial tentang gangster yang membawa sajam dan meneror warga masyarakat. Kami juga menghimbau kepada orang tua untuk selalu memperhatikan pergaulan anak-anaknya, berikan kasih sayang penuh kepada anak, nasehati dengan cara yang baik.

“Kami juga mengajak warga masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berkendara utamanya saat malam hari, apalagi saat melewati tempat yang sepi dan kurang penerangan. Jika tidak ada keperluan yang mendesak kurangi bepergian keluar rumah saat malam hari, kalaupun terpaksa keluar rumah jangan sendirian, setidaknya ajaklah 1 atau 2 orang untuk menemani.
Selalu berhati-hati dan waspada, mari kita jaga dan kita ciptakan wilayah kecamatan Sugio yang aman dan kondusif menjelang Pemilu tahun 2024.” pungkasnya

(Zam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan