Santri TPQ Baitur Rahman Dusun Bulu Desa Bulutengger Tahlil Bersama Dihadapan Makam

Lamongan.hariannews.id

Pendidikan secara dini diterapkan Ustadz Ustazah TPQ Baitur Rohman Dusun Bulu Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran pada santrinya dengan mengadakan acara tahlil bersama di halaman makam dusun setempat. 20/10/2023.

Ustadz Subhan yang membimbing santrinya sengaja mengajak semua menghadap makam. Hal ini bertujuan agar santrinya bisa mendoakan sanak keluarganya yang sudah meninggal, sebagai bentuk bakti seorang anak pada leluhurnya.

“Kita kenalkan anak-anak sejak dini, untuk berbakti kepada orang tua sahabat, kerabat, guru serta tokoh agama walaupun sudah meninggal. Yang lebih penting biar anak-anak selalu ingat bahwa kelak kita semua akan kembali ke sisiNya” papar ustadz Subhan.

“Selain menggelar tahlil, kami juga membaca kalimat toyyibah dihadapan ahli kubur serta tak lupa membaca Al-Fatihah dengan harapan ahli kubur bisa mendapatkan nikmat kubur” ucapnya.

Jupri salah satu pengurus makam merasa bangga dengan kegiatan tersebut dan kemauan santri untuk berjamaah membaca tahlil di makam.

“Kami senang jika para santri khusunya dan masyarakat umumnya bisa mencintai makam, suka beziarah mendoakan ahli kubur. Mungkin metode ini bisa memotifasi bagi lembaga yang lain dengan tujuan cinta sesama walaupun dengan yang sudah tiada (Meninggal)” ucapnya.

“Kita berharap kelak anak-anak inilah yang mau mendoakan kita, dan yang lebih penting jika generasi sejak dini ditanamkan ilmu agama dan mengingat akan maut yang pasti akan menjemput, kita akan mampu mengendalikan diri dan berjiwa yang baik” pungkasnya.

ISP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan