Kopi Akhirat Desa Bulutengger Gelar Jumat Bersih Ternyata Ini Tujuannya

Lamongan.HARIANNEWS.ID

Sekelompok masyarakat Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan yang menamakan kelompoknya Kopi Akhirat mengadakan giat Jumat bersih di area makam desa setempat. 21/07/2023.

Menurut salah satu anggota Kopi Akhirat yang sempat ditemui hariannews.id Margo Budi mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan tiap hari Jumat sejak tahun 2018.

“Kita melakukan kerja bakti ini tidak ada yang menyuruh, atas kesadaran masing-masing individu dan diagendakan oleh kelompok kami yang sudah diakui oleh pihak Pemdes” katanya.

Keterangan senada juga disampaikan anggota lainnya Priyono B bahwa Kopi Akhirat selain merasa jiwanya terpanggil untuk menjaga kebersihan makam juga mengurus perlengkapan ketika ada warga yang meninggal.

“Kami bersyukur apa yang kami lakukan bisa menjadi inspirasi bagi desa sekitar untuk menjaga kebersihan makam dan membantu melancarkan proses pemakaman jika ada yang meninggal” paparnya.

Ketua paguyuban Kopi Akhirat yang tidak mau menyebutkan identitasnya menyampaikan bahwa anggotanya melakukan kegiatan di makam atas dasar kesadaran diri, serta mendasari sebuah ayat Khoirun nas anfauhum linnas, manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat (kebaikan) bagi orang lain.

“Apa yang kami lakukan disini dengan tujuan ingin mencatatkan peninggalan (artefak) pada anak cucu kami, selain kami ingin bermanfaat bagi manusia yang masih hidup kami juga ingin bermanfaat bagi yang sudah meninggal, dan siapa tahu nantinya kami kalau sudah meninggal masih bisa bermanfaat bagi yang masih hidup” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan