Antisipasi Orang Tenggelam Kembali Terjadi Ini Hal Dilakukan Aipda Adi Sudrajat

Banyuwangi,hariannews.id — Dalam rangka giat patroli rutin khususnya dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, Direktorat Polairud Polda Jawa Timur melalui Satpolairud Polresta Banyuwangi gencar melaksanakan patroli dialogis dengan menyambangi masyarakat pesisir pulau merah khususnya pokdarwis dan petugas lifeguard.

Kegiatan patroli dan binmasair yang dilakukan pada hari, Sabtu, 6/1/2024 pagi sebagai upaya dalam mengurangi kasus orang tenggelam dan deteksi dini situasi kamtibmas di wilayah pesisir pantai Pancer.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP I Nyoman Ardita, S.H, M.H melalui Kanit Pos Pancer Aipda Adi Sudrajat menjelaskan kegiatan patroli dan sambang dialogis masyarakat pesisir ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepada pokdarwis dan petugas lifeguard tentang kewaspadaan terhadap cuaca extrem yang disertai angin kencang dan potensi ancaman keamanan di daerah pesisir yang bisa saja terjadi.

Pada saat kegiatan patroli berlangsung, Aipda Adi Sudrajat berdialog langsung dengan warga pesisir, pokdarwis, dan petugas lifeguard untuk selalu mengingatkan pengujung untuk mematuhi rambu – rambu yang terpasang guna keselamatan bersama.

Selain himbauan kamtibmas, Aipda Adi Sudrajat juga memberikan edukasi dan meminta semua pihak khususnya masyarakat pesisir, pokdarwis, dan lifeguard untuk menyampaikan informasi, apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan maupun melanggar hukum.

Lebih lanjut, Aipda Adi mengatakan kegiatan yang dilaksanakan guna memberikan pengetahuan kepada pokdarwis maupun lifeguard tentang pertolongan pertama kepada korban tenggelam dan menginformasikan hal yang sekiranya mencurigakan dan pelanggaran hukum di tengah laut maupun diseputaran pesisir pantai.

Saat dikonfirmasi melalui media Whatsapp Kasubnit Binmasair Aiptu I Gede Eka D meminta kepada masyarakat pesisir khususnya pengguna jasa wisata untuk selalu menjaga keselamatan pada saat mandi berupa alat apung dan tidak mandi terlalu ketengah dikarenakan situasi cuaca sedang extrem.

Selain itu, Aipda Adi juga menyampaikan pesan kepada sejumlah masyarakat sekitar, pokdarwis, dan lifeguard untuk tidak henti-hentinya untuk mengingatkan pengunjung untuk selalu menaati larangan yang ada agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Harapannya dengan adanya kegiatan patroli dan binmasair kepada masyarakat pesisir pantai ikut serta dalam menjaga kamtibmas.

Pada saat patroli dan binmasair dilaksanakan, situasi terpantau aman dengan cuaca mendung dan intensitas ombak landai.

Putra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan