Kota Surabaya di Landa Cuaca Panas Ternyata Ini Penyebabnya

Surabaya.hariannewsid

Kota Surabaya yang merupakan ibu kota Propinsi Jawa Timur hari-hari ini memang terasa cuaca panas, hingga masyarakat yang tempat tinggalnya tidak dilengkapi AC susah mencari tempat yang sejuk.

Berdasarkan catatan BMKG Tanjung Perak saat, suhu udara mencapai 37-38 derajat Celcius.

Cuaca di Kota Pahlawan terasa lebih dan jarang angin bertiup. BMKG Tanjung Perak mengatakan panas di Kota Surabaya disebabkan adanya pergerakan semu matahari yang bergeser keselatan katulistiwa bergerak melintas Kota Surabaya.

Selain itu kurangnya tutupan awan mengakibatkan radiasi matahari yang tidak ada filter sehingga suhu panas menjadi 37 derajat Celcius .

“Suhu panas yang terjadi ada efek skala global EL Nino” kata Arief Wiyono bagaian dari BMKG Tanjung Perak

“Diperkirakan EL Nino berakhir hingga akhir tahun. Kemarau panjang yang melanda Kota Surabaya terasa panas dibanding tahun lalu tidak menutup kemungkinan akan terjadi turun hujan yang durasinya sebentar karena bulan Oktober hingga awal Nopember masuk puncak kemarau panjang” paparnya.

Untuk rasa panas pemerintah Kota Surabaya terus memantau tanamannya yang tersebar dalam kota, agar dapat mengurangi rasa panas yang cukup tinggi dan Surabaya tetap hijau .

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya terus melakukan penyiraman pohon secara rutin dengan memakai beberapa sumur yang tersebar di Kota Surabaya yang airnya masih mencukupi.

Red

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan