Gelar Festival Makan Buah Gratis Pemdes Desa Latukan Wujud Syukur Atas Hasil Panen Melimpah

Lamongan.hariannews.id,

Musim kemarau tahun ini membawa berkah tersendiri bagi petani buah di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Pasalnya saat ini petani mendapatkan hasil yang melimpah. (8/10/23)

Sebagai ungkapan rasa syukur, petani setempat menggelar festival buah semangka, melon, garbis, hingga mengundang antusias ribuan masyarakat untuk menikmati buah segar di Desa Latukan.

Sedikitnya 3000 ribu masyarakat yang hadir tumplek blek di Lapangan Desa Latukan, sejak pagi hingga sore. Mereka begitu antusias untuk mengikuti syukuran panen buah.

Potensi alam yang dimiliki Desa Latukan memang melimpah dengan pola tanam semangka, melon, dan sunrise nya. Apalagi pada tahun ini produksinya melimpah. Meskipun tahun lalu tidak seperti tahun ini, kini Desa Latukan yang terkenal dengan semangka, blewah, melon dan sunrise nya sukses.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita diberikan rahmat oleh Allah SWT dengan cuaca yang sangat mendukung sehingga bisa panen kembali setelah tahun lalau sempat merosot. Maka dari itu hari ini kita mengadakan syukuran supaya tahun-tahun berikutnya diberikan keberhasilan kembali,” kata Kepala Desa Latukan Drs. H. M. Jiono di depan ribuan warga yang hadir.

Dalam festival kali ini Kepala Desa, H, M. Jiono juga menjelaskan, pihaknya menyediakan 9 gunungan buah yang terdiri dari buah semangka, melon, blewah, dan sunrise dari tujuh blok yang terdiri dari 15 RT untuk masyarakat yang datang secara gratis.

“Sejak pagi, kami menyambut masyarakat yang hadir untuk menikmati semangka. Paginya, kita awali dengan kirab arak-arakan lalu petik buah langsung di sawah, timbang, dan bayar. Kemudian kita lanjutkan dengan doa bersama dan makan gratis 9 gunungan buah yang kita sediakan,” jelasnya.

Bukan hanya itu masyarakat juga dimanjakan dengan tari kolosal, juga dihadirkan campursari dari Bojonegoro dengan bintang tamu Ratna Antika.

Festival itu turut dihadir Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi MBA. Ia mengapresiasi kerja keras Pemdes dan masyarakat Desa Latukan atas penyelenggaraan kegiatan ini. Yuhronur Efendi, berharap kegiatan seperti ini berkesinambungan dan menjadi agenda rutin setiap tahun.

“BUMDes di Desa Latukan bisa menjadi percontohan di tingkat Kabupaten Lamongan. Tingkatkan dan kembangkan. Selain itu, para pemuda harus tetap kerja-keras sebagai generasi penerus agar tidak ketinggalan dengan teknologi, khususnya teknologi informasi,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Latukan Pesta Buah ini merupakan ke 5 kalinya dilaksanakan di Desa Latukan. Kegiatan ini diprakarsai para pemuda pemudi Desa Latukan dalam rangka mensyukuri hasil buah Desa Latukan agar dapat dirasakan oleh semua masyarakat dan ke depan dapat dijadikan destinasi wisata di Lamongan.

Meriahnya acara terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang dalam acara Festival Latukan Pesta Buah. Bahkan tidak hanya masyarakat Desa Latukan, warga yang datang juga Lintas Daerah ada yang dari Kab. Gresik, Bojonegoro, Jombang, hingga Tuban. (Zam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan