Kapolsek Sugio AKP Ali Fatoni SH Laksanakan Kegiatan Jumat Curhat Sehati Bertempat Di Balai Desa Supenuh Kecamatan Sugio

Lamongan.hariannews.id, Kegiatan Jumat Curhat merupakan salah satu giat Pelaksanaan Program Prioritas Kapolri yang dilaksanakan dengan cara penyuluhan atau edukasi tatap muka dengan Tokoh/Kepala Desa/Lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda ke desa-desa atau kelurahan, tempat-tempat umum (Pasar dan terminal) (8/9/23)

Giat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum kepada warga masyarakat yang ada di desa/kelurahan dan kelompok komunitas, baik berupa peningkatan kemitraan dan memperoleh masukan masukan tentang kamtibmas secara langsung dari masyarakat.

Hadir dalam giat tersebut,Kapolsek Sugio AKP. Ali Fatoni S.H, Danramil CKU Yanto Budi Utomo SE, Kepala Desa Supenuh Ahmad, Perangkat Desa Supenuh, Perwakilan BPD Desa Supenuh, Perwakilan Pemuda dan Pemudi Desa Supenuh, 6 anggota Polsek Sugio,

Dalam arahannya, Kapolsek Sugio Akp Ali Fatoni SH., menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar dapat menghindari permasalahan-permasalahan yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.srperti point-point di bawah ini.

1. Ucapan terima kasih atas kegiatan Jum’at Curhat dan Sehati yang di laksanakan oleh Kapolsek Sugio dan Danramil Sugio, semoga kegiatan baik ini bisa berjalan dengan baik.
2. Adapun maksud dari Jum’at Curhat dan Sehati ini adalah sebagai jaringan, kedekatan Forkopimcam dengan warga masyarakat.
3. Apapun permasalahan yg ada di desa, dusun tolong di sampaikan.
4. Bahwa Di desa Supenuh sampai saat ini masih dalam keadaan aman kondusif masyarakat hidup saling berdampingan. Terkait dengan organisasi perguruan silat yang ada di desa Supenuh ada 4 organisasi antara lain, PSHT, PAGAR NUSA, IKS PI Kera Sakti, ASAD.
5. Bahwa di desa Supenuh terdapat sumur bor yang sudah berdiri atas kerja sama kami pemerintah desa dengan bhabinkamtibmas, (terima kasih Bapak Kapolsek)

b. Paparan Danramil Sugio Kapten CKU YANTO BUDI UTOMO, SE yang intinya :
1. Bahwa kegiatan Jum’at Curhat ini, kemarin hanya di laksanakan oleh Polsek Sugio akan tetapi sekarang TNI juga melaksanakan kegiatan tersebut dengan nama SEHATI.
2. Sampaikan semua permasalahan kepada kami, baik secara langsung kepada saya Danramil Sugio ataupun kepada BABINSA atau BHABINKAMTIBMAS yang ada di desa.
3. Kami mempunyai beberapa program antara lain senam bersama dan pengelolaan sampah plastik.
4. Dari pada sampah di bakar lebih baik di kumpulkan dan apabila sudah terkumpul hubungi kami.
5. Beberapa kegiatan kami selain di Mako adalah terjun ke lapangan / ke desa-desa. Kedekatan kami dengan masyarakat itu yang kami inginkan.
6. Sampaikan semua unek-unek (usulan) yang ada di hati hadirin semua tentang permasalahan atau hal-hal yang perlu di ketahui.

c. Paparan Kapolsek Sugio AKP ALI FATONI, S.H :
1. Bahwa kami hadir di sini adalah melaksanakan salah satu kegiatan yaitu Jum’at Curhat dan Sehati yang intinya ingin menjaring permasalahan yang ada di desa.
2. Ada beberapa hal yang perlu sampaikan terkait Kamtibmas wilayah antara lain :
a. Musim kemarau panjang rawan kebakaran. Di beberapa wilayah terjadi kebakaran yang di sebabkan oleh Kompor gas, instalasi listrik dan bediang (api kandang).
b. Kejadian kriminalitas :
– Beberapa kejadian Curanmor di wilayah Sugio dalam akhir- akhir ini, mari kita jaga harta bergerak kita masing” (sepeda motor, perhiasan).
– Kejahatan bukan hanya di karenakan niat tapi adanya kesempatan juga salah satu pendukung seseorang untuk berbuat jahat.
– Kita harus berhati hati pada diri sendiri dan juga menjaga kehati hatian orang lain.
c. Bahwa mulai kemarin tanggal 06 September 2023 telah di laksanakan OPS zebra. Tolong kelengkapan kendaraan seperti awal bapak ibu membeli sepeda baru.
d. Semua harus sering- sering berkomunikasi dengan anak, perhatian dan kasih sayang orang tua kepada anak, banyak kejadian/permasalah yang di lakukan oleh anak – anak,
e. Dalam salah satu surat Al- Baqarah yang artinya “Ya Allah jangan hukum kami di saat kami lupa”. Gunakan hidup kita bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Bahwa URIP IKU URUP.
f. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bpk. Kepala desa, warga masyarakat bahwa kegiatan HUT RI ke 78 di desa Supenuh bisa berjalan kondusif dan bisa di nikmati bersama.
g. Terkait pupuk, apabila ada permasalahan tolong di sampaikan.
h. Terima kasih atas kerjasama bapak Kades dan Bhabinkamtibmas yang ada di desa terkait pembuatan sumur bor.
i. Terkait permasalahan” yang ada di dusun masing”, marilah kita berdarah-darah dulu untuk menyelesaikan, mengkoordinasikan, jangan sampai melempar bola panas kepada Kepala Desa dan Forkopimcam. Selesaikan dan koordinasikan terlebih dahulu.
j. Bahwa kita harus menerima perbedaan yang ada dan itu sah, karena perbedaan itu sudah merupakan ketentuan Allah.
k. Jangan sibuk mencari kesalahan orang lain, akan tetapi sibuklah mencari kesalahan diri sendiri, dengan demikian kita akan bisa memperbaiki diri sendiri.

E. PERMASALAHAN :
1. Terkait anak didik :
– Banyaknya anak sekolah yang berangkat dari rumah akan tetapi tidak sampai di sekolahan, mohon dapatnya di laksanakan OPS anak sekolah yang nongkrong di warung.

Tanggapan
• Kapolsek Sugio : Kami Forkopimcam akan menindak lanjuti apa yang bapak sampaikan, dan akan di agendakan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Yang dulu di sebut sebagai “OPS SAYANG”.
• Danramil Sugio : Koramil Sugio akan bersama-sama dengan Polsek Sugio akan berkerja sama melaksanakan kegiatan OPS SAYANG tersebut, akan tetapi jangan sampai di plintir.

2. Kepala dusun sumampir : Terkait kegiatan organisasi yang belum berbadan hukum dalam bentuk latihan.
*JAWAB :*
• Kapolsek Sugio : Terkait tempat latihan perguruan silat yang ada di wilayah Sugio, Kami sudah berkoordinasi dan mendata kegiatan latihan dan itu kami laporkan setiap hari ke Polres Lamongan. Kepada ketua perguruan yang ada di desa agar berkoordinasi dengan Pemerintahan Desa terkait tempat latihan.
– Tolang di sampaikan bahwa perlunya update terbaru jumlah siswa tiap-tiap perguruan silat.
• Danramil Sugio : terkait tempat latihan tolong di koordinasikan dengan ketua ranting dan setelah berikan tembusan ke Polsek Sugio sebagai pemangku keamanan di Sugio.(Zam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan