Personel Gabungan Lakukan SAR 3 Korban Laka Laut Perairan Pelawangan Grajagan Banyuwangi Belum Diketemukan

Banyuwangi.hariannews.id – Dalam rangka pencarian korban hilang KMN. Mekar Jaya yang mengalami musibah laka laut diwilayah perairan pelawangan Grajagan personel Satpolairud, TNI AL, Basarnas dan SAR Binaan melaksanakan giat operasi pencarian di sekitar tempat kejadian.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi Kompol Masyhur Ade, S.I.K, M.H. melalui kanit pos polisi unit Grajagan Bripka Ach. Taufiq menjelaskan “kegiatan SAR gabungan yang dilaksanakan untuk mencari ketiga korban yang hilang akibat dihantam ombak di wilayah perairan Pelawangan Grajagan,”.

Lebih lanjut, Bripka Ach. Taufiq menambahkan giat SAR yang dilaksanakan dibagi menjadi dua team, team satu yang terdiri dari Sat Polairud, TNI AL, BPBD dan Basarnas melakukan penyisiran di wilayah perairan pelawangan dengan menggunakan satu unit perahu karet serta satu team lagi yang terdiri dari masyarakat beserta SAR Binaan dengan melaksanakan penyisiran di wilayah pesisir pantai Grajagan.

Dikarenakan situasi cuaca buruk yang disertai ombak besar, pencarian ketiga korban dimulai pada Kamis, 7/9/2023 sekira pukul 13.00 WIB dengan melakukan penyisiran di sekitar perairan pelawangan.

Kapal naas tersebut membawa dua puluh enam ABK dan satu Nahkoda yang berjumlah dua puluh tujuh orang. Dari dua puluh tujuh orang, empat meninggal dunia, dua puluh diselamatkan dan tiga orang masih dalam pencarian personel gabungan yang sudah memasuki hari kedua pasca kejadian.

Karena cuaca extrem yang disertai ombak setinggi kurang lebih 4-5 M (empat sampai lima meter) personel gabungan menyudahi pencarian korban pada pukul 17.00 WIB yang hingga kini korban belum ketemu.

Proses pencarian pada hari Kamis, 7/9/2023 berjalan aman, lancar dan pencarian korban akan dilanjutkan pada hari Jum’at, 8/9/2023. dengan melihat kondisi cuaca.

Ditempat yang berbeda, Kompol Masyhur Ade, S.I.K, M.H menghimbau kepada masyarakat nelayan maupun penyedia kapal/perahu yang bisanya digunakan untuk mengantarkan pemancing untuk tidak pergi melaut dikarenakan situasi cuaca sedang buruk.

tempat awal kejadian lokasi berbeda dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian kapal naas yang di hantam lokasi kapal bersama personel gabungan melaksanakan giat operasi Hari kedua SAR gabungan pencarian pasca pencarian korban laka laut di wilayah perairan pelawangan Grajagan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan