Polres Malang Gelar Operasi Zebra Semeru 2023, Tingkatkan Keselamatan Lalu Lintas Jelang Pemilu 2024

Malang.hariannews.id-– Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 di halaman Mapolres Malang, Senin (4/9/2023). Operasi Zebra Semeru 2023 ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 17 September 2023 secara serentak di seluruh Indonesia.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, mengatakan tujuan utama dari operasi ini tidak hanya untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas akibat kecelakaan di wilayah Kabupaten Malang. Selain itu pelaksanaan operasi juga bagian dari menciptakan situasi kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif menjelang tahapan inti Pemilu 2024.

“Operasi Zebra kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, beberapa tahun terakhir ini Operasi Zebra difokuskan untuk menciptakan situasi bidang lalu lintas dalam rangka kesiapan menghadapi akhir tahun, namun di tahun ini waktunya dimajukan karena memang kita mempersiapkan diri lebih awal untuk menciptakan situasi kondisi jelas tahapan inti Pemilu 2024,” kata AKBP Putu di Mapolres Malang, Senin (4/9).

Dalam operasi kali ini, kepolisian akan memberikan penekanan khusus pada pelanggaran-pelanggaran yang memiliki potensi untuk menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Hal ini termasuk pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, dan pengendara kendaraan roda empat yang tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Selain itu, penindakan juga akan dilakukan terhadap pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan telepon genggam saat berkendara, hingga pengemudi kendaraan motor bermotor yang melebihi batas kecepatan atau melawan arus.

“Sanksi tegas juga akan diterapkan terhadap pengemudi kendaraan bermotor yang diketahui berkendara dalam pengaruh obat-obatan narkoba maupun alkohol,” ujarnya.

Sementara itu, Kasih Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, secara terpisah mengatakan Operasi Zebra Semeru 2023 merupakan langkah konkret dari Polres Malang dalam menjaga keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jalan di wilayahnya.

Kepolisian mengajak seluruh elemen masyarakat untuk patuh terhadap aturan lalu lintas demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Masyarakat dihimbau untuk mematuhi aturan lalu lintas dan bekerja sama dengan aparat kepolisian dalam menjaga ketertiban di jalan raya.

“Harapannya angka kecelakaan dapat ditekan, dan situasi Kamtibmas yang kondusif dapat diwujudkan menjelang Pemilu 2024,” tutur Iptu Taufik.

Operasi Zebra Semeru 2023 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan kondisi yang aman menjelang Pemilu 2024. Seluruh masyarakat diharapkan turut serta mendukung upaya-upaya kepolisian dalam menjaga ketertiban berlalu lintas dan keamanan di wilayah Kabupaten Malang. (hmsresma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan