Peran Aktif Babinsa Sumengko Dampingi Posyandu Dalam Penurunan Angka Stunting

Lamongan.hariannews.id,- Babinsa Sumengko Koramil 0812/11 Kedungpring, bersama Kodim 0812 Lamongan, berpartisipasi dalam pelaksanaan Posyandu di Desa Sumengko, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam upaya penurunan angka stunting di wilayah tersebut. Senin (14/08/2023)

Babinsa Sumengko Kopda Hendrik berada di garis depan dalam memonitor dan mendampingi kegiatan ini bertujuan untuk memastikan perlunya penurunan angka stunting yang dianggap kritis di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

Program ini mencakup edukasi masyarakat tentang pentingnya nutrisi dan kesehatan balita, serta peningkatan kesadaran tentang dampak stunting bagi perkembangan anak.

“Pelaksanaan Posyandu ini sangat penting bagi masyarakat Desa Sumengko. Melalui kegiatan ini, kami berharap angka stunting bisa diturunkan dan kualitas hidup anak-anak di desa ini dapat ditingkatkan,” kata Kopda Hendrik.

Ini merupakan bagian dari upaya jajaran Kodim 0812 Lamongan dalam mewujudkan desa yang sehat dan cerdas, sejalan dengan tujuan nasional Indonesia untuk penurunan angka stunting.

Program seperti ini sangat dibutuhkan dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Lamongan agar mampu mengimplementasikan program serupa untuk menurunkan angka stunting.

Di tengah upaya penurunan angka stunting di Desa Sumengko tersebut, peran serta Babinsa, khususnya Kopda Hendrik, menerima tanggapan positif dari masyarakat setempat.

“Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa Kopda Hendrik di Posyandu,” ungkap Siti, salah seorang ibu yang memanfaatkan layanan Posyandu. “Beliau sangat membantu dalam memahamkan kami tentang pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak. Kami merasa lebih tenang, karena tahu ada Babinsa yang peduli pada kesehatan anak-anak kami,” lanjutnya.

Sisi humanis Babinsa Kopda Hendrik juga menjadi sorotan. Selain aktif mendampingi, Kopda Hendrik dikenal akrab dengan masyarakat sekitar. Telah menjadi rutin bagi Kopda Hendrik untuk berbicara langsung dan mendengarkan keluhan serta aspirasi masyarakat. Kerap kali Hendrik terlihat mengajak anak-anak bermain, sekaligus memberikan edukasi pentingnya makanan bergizi.

“Kalau Kopda Hendrik datang, anak-anak jadi senang. Beliau bisa jadi teman bermain mereka, sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya makan makanan sehat,” ujar Joko, salah satu warga Desa Sumengko.

Ini menunjukkan bahwa Kopda Hendrik tidak hanya menjalankan tugasnya sebagai Babinsa, tetapi juga secara langsung terlibat dan peduli dengan kesejahteraan masyarakat. Kehadiran Babinsa Kopda Hendrik di Posyandu tentu memberikan dampak positif terhadap penurunan angka stunting di Desa Sumengko. (Sumber : Pendim0812)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan