Penyeberangan Pelabuhan Ketapang Alami Kemacetan Satlantas Lakukan Pengaturan

Banyuwangi, HARIANNEWS.ID – Menjelang pergantian musim, angin dan ombak besar, sehingga penyeberangan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi mengalami kemacetan. terpantau sejumlah kendaraan padat di dermaga bongkar muat kapal dan Ponton ASDP Ketapang Banyuwangi, mengalami antrian sangat panjang ke Utara hingga arah wisata watu dodol, Senin (02/07/2023).

Untuk itu, Sat Lantas Polresta Banyuwangi Polda Jatim langsung melakukan pengaturan lalu lintas di sepanjang wilayah pelabuhan penyebrangan Ketapang dan terus melakukan pemantauan perkembangan situasi.

Bacaan Lainnya

Kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi roda empat, bus wisata, dan kendaraan besar yang mengangkut muatan ekspedisi.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Randy Asdar, S.Kom, S.I.K, M.Si menyampaikan melalui Wakasatlantas Iptu Sugianto, SE, “Benar mas mulai kemaren telah terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan di sepanjang pelabuhan Ketapang ke arah Utara, dan segera kita dari satlantas Polresta Banyuwangi berkoordinasi dengan GM PT. ASDP, kepala BPTD kelas I Jatim banyuwangi , manajer operasional PT ASDP dan juga manajer SDM ASDP rapat Koordinasi kapal yang beroperasi sistem bongkar muat”.

Dari hasil koordinasi dengan pihak ASDP, jumlah kapal yang beroperasi, yang semula 27 kapal ditambah 6 kapal sehingga menjadi 33 kapal beroperasi saat ini. Ada 7 dermaga yang melakukan sistem bongkar muat langsung berangkat.

“Penyebab terjadinya peningkatan arus lalu lintas kendaraan yang berdampak antrian panjang dikarenakan banyaknya kendaraan yang akan menyebrang ke Bali,. mudik Lebaran Idul Adha bersamaan liburan anak Sekolah”.

“Angin laut yang bertiup cukup kencang sehingga kapal yang akan bersandar mengalami kesulitan dan juga karena di pelabuhan Gilimanuk dibangun dermaga ponton sehingga berdampak kapal bersandar menjadi terhambat tidak tepat waktu” terang Sugianto.

Hal lain disampaikan Kanit turjagwali Satlantas Polresta Banyuwangi Iptu Mujiono, S.H, “Situasi arus lintas penyeberangan sejak tadi malam relatif sangat padat dan mengalami antrian kendaraan yang sangat panjang, dikarenakan cuaca yang lumayan buruk berdampak pada alur penyebrangan ke pelabuhan Gilimanuk dan berdampak pada antrian panjang juga sepanjang ruas jalan Ketapang ke utara,” katanya

“Diharapkan bagi pengendara dari Utara yang akan melintas ke arah Banyuwangi kota, melewati arah jalan lingkar untuk menghindari kemacetan, dan untuk selalu berhati-hati karena kondisi yang habis di guyur hujan selama dua hari ini,” ungkap Iptu Budi kepada media.

Hal lain pula disampaikan Kasatlantas Polresta Banyuwangi melalui via WA, “Kendaraan yang akan menyebrang ke bali melalui pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi diharapkan tetap patuhi peraturan lalu lintas dan aturan dari petugas yang melaksanakan pengaturan di sekitar pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, dan untuk kendaraan besar silahkan menepi dulu di kantong parkir yang telah di sediakan di sekitar pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi dan semoga semua pengguna jalan selalu diberi keselamatan sampai arah tujuan,” pungkas Kompol Randy Asdar, S.Kom, S.I.K, M.Si.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan