Panen Raya Tambak Ikan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama

MUBA, HARIANNEWS.ID – Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sumber Rejeki bersama Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin melaksanan Panen Raya Tambak ikan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP-KUBE), Jumat (23/6/2023) di Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA).

Kelompok KUBE Sumber Rejeki ini merupakan kelompok masyarakat yang kurang mampu, yang mendapatkan bantuan sosial KUBE dari APBN Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa modal usaha.

Bacaan Lainnya

Bantuan modal juga dibarengi dengan pendampingan bimbingan dan motivasi melalui pendamping yang ditugaskan Dinas Sosial Muba untuk masing masing KUBE.

Bantuan stimulan berupa bantuan sosial modal usaha pada kelompok KUBE ini diberikan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan tujuan memberikan modal usaha untuk kelompok supaya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat kurang mampu di Indonesia khususnya Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala Dinas Sosial Musi Banyuasin, Ardiansyah SE MM, dalam sambutanya menyampaikan, pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Sosial memberikan modal usaha kepada masyarakat, khususnya masyarakat pra sejahtera masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Agar mendapatkan kesempatan berusaha untuk meningkatkan kesejahteraannya, salah satu bentuknya dengan menyalurkan bantuan modal kepada kelompok-kelompok usaha bersama atau disebut KUBE”. Katanya.

Ia mengatakan bahwa Kabupaten mendapatkan bantuan sosial KUBE untuk meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

“Untuk mengembangkan usaha para kelompok usaha bersama ini dengan melakukan pembinaan
serta memberikan pendampingan dan pelatihan sehingga dapat juga meningkatkan kesejahteraan kelompok usaha bersamanya.” Jelas Ardiansyah yang akrab dipanggil Iyank.

Ia juga menjelaskan karena itu hari ini dilakukan Panen Raya untuk melihat berapa banyak ikan yang dapat di jual dan itu merupakan menjadi pendapatan kelompok KUBE ini semata mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Dengan banyaknya kelompok usaha bersama seperti ini yang berhasil, sehingga program pengentasan kemiskinan pemerintah dapat berjalan lancar dan angka kemiskinan di Muba secara kontinyu dapat teratasi dan masyarakatnya sejahtera,” tuturnya.

Ia menambahkan, ini juga merupakan salah bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Muba, sesuai dengan program Pj Bupati Muba yang selalu konsisten memberikan dukungan terhadap program – program Dinas Sosial.

“Untuk mensejahterakan masyarakat baik melalui bansos langsung maupun bansos pemberdayaan kepada masyarakat agar dapat mewujudkan masyarakat Muba yang kuat dan berdaya mampu meningkatkan kesejahteraan”. Bebernya.

Sementara itu utusan Kementerian Keuangan RI, Krisna mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi program Dinas Sosial Muba ini.

Karena menurutnya Bantuan sosial itu tidak hanya dalam bentuk konsumtif namun bisa juga dalam bentuk bantuan sosial yang produktif dengan melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat untuk meningkatkan Kesejahteraannya.

“Program ini sangat baik, ini merupakan bantuan sosial yang produktif dan sebagai wujud pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan Kesejahteraannya,” ucapnya.

Ia berharap ini bisa menjadi contoh untuk ke usaha yang lainnya, bahwa dengan usaha yang ada ini berupa kolam ikan bisa juga dengan mengembangkan ke usaha pengelolaan ikannya, agar tercipta mata rantai pekerjaan baru.

“Untuk mencapai tujuan program ini yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik di Kabupaten Musi Banyuasin maupun secara nasional”. harapnya.

Panen Raya yang diselenggarakan KUBE Sumber Rejeki Binaan Dinsos Muba hasilnya cukup baik dan terdiri dari beberapa jenis ikan, diantaranya Patin, Nila, dan Ikan mas.

Turut hadir dalam acara Panen Raya Tambak Ikan (UEP-KUBE) binaan Dinas Sosial Muba kali ini, Excel Percepatan Penghapusan Kemiskinan Nasional Kementerian Keuangan RI, Syarif Kabid Penanganan Fakir Miskin, Tri Yulisman Kabid Pemberdayaan Sosial, Tugiman Kabid Rehab Sosial, Maskur Ketua KUBE Sumber Rejeki Pematang 1 Bagan Kelurahan Kayuara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan