Hari Hilang Adakan Kejuaraan Pencak Silat di Bumi Sumatera

Sumatera Utara, HARIANNEWS.ID – Perguruan Seni Silat Harimau Hijaiyah Langkat ( Hari Hilang ) bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ) Sumatera Utara, akan mengadakan Kejuaraan Pencak Silat Open Turnamen Antar Perguruan se Sumatera Utara pada 2 – 5 Agustus 2023 di GOR Rambung Binjai.Tujuan kejuaraan ini untuk mendongkrak Prestasi Pencak Silat, khususnya Pencak Silat di Sumatera Utara.

Pencak Silat adalah local genius Bangsa, pergulatan bangsa ini melawan penjajah tidak lepas dari peran pencak silat sebagai ilmu perang pada masanya. Kini dimasa damai pencak silat dilestarikan melalu kejuaraan – kejuaraan sebagai pembinaan untuk menjaga identitas bangsa Nuswantara.

Bacaan Lainnya

Dari run down yang diberikan oleh panitia. Pencak Silat merupakan seni bela diri yang asli dimiliki oleh Indonesia. Seni bela diri yang secara turun temurun diturunkan oleh nenek moyang kita. Tanggung jawab melestarikan merupakan salah satu kewajiban kita agar pencak silat dapat terus eksis dikancah Nasional maupun Internasional.

Menjelang event akbar se Indonesia yaitu Pekan Olah Raga Nasional ( PON )2024 Sumut-Aceh, dengan Sumatera Utara sebagai tuan rumah, kita mau hasil yang terbaik untuk masyarakat Sumatera Utara.

“Kita berharap dari kejuaraan ini bisa meningkatkan kualitas pesilat yg ada di sumatera utara, memberikan pengalaman berharga bagi para pesilat, dan moment ini bisa menjadi ajang uji coba atau sosialisasi mengenai peraturan pertandingan terbaru pencak silat,” kata Mad Tuah melalui pesan whatsapp kepada media.

Maka dari itu menurut panitia, dibutuhkan event-event untuk menjadi ajang evaluasi dan persiapan kita mengikuti PON tersebut. Kejuaraan Pencak Silat Open Turnamen Antar Perguruan Se Sumatera Utara Tahun 2023 merupakan salah satu program yang diadakan oleh Perguruan Hari Hilang bekerja sama dengan IPSI Sumatera Utara guna menjadi ajang mendongkrak Prestasi Pencak Silat, khusus nya Pencak Silat di Sumatera Utara.

Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini memiliki tujuan untuk, menjalin silaturahmi antar perguruan yang ada di Sumatera Utara. Meningkatkan SDM Atlet-atlet menjelang event-event bergengsi yang akan mendatang. Sebagai sarana evaluasi hasil latihan yang dijalani oleh setiap masing-masing Perguruan Silat.

Peserta Kegiatan
Jumlah peserta terbatas hanya maksimal 1200 kuota pesilat. Terdiri dari seluruh pesilat yang ada di Sumatera Utara dan Beberapa daerah yang diundang.

Kategori Peserta
Peserta terbagi menjadi 4 kelompok, usia dini 10 – 12 tahun, Pra Remaja 12-14 tahun, Remaja 14 -17 tahun, dan Dewasa : 17-35 tahun.
Usia Maksimal terhitung mulai dari per tanggal kejuaraan. Peserta minimal per kelas adalah 4 orang.

Persyaratan Peserta
Membayar uang registrasi sebesar Rp. 150.000 per atlet. Peserta bukan merupakan atlet binaan dari PPLP/PPLD, PELATDA, PELATNAS di daerah mereka. Peserta harus memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Pas foto berukuran 4X3 berwarna 2 lembar. Peserta melampirkan fotocopy ijasah masing-masing 1 lembar. Akta kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi kategori dewasa.

Peraturan Pertandingan
Pertandingan menggunakan Peraturan IPSI 2022, Seragam yang digunakan bagi atlet adalah seragam perguruan masing-masing atau seragam IPSI. Seragam yang digunakan bagi pelatih adalah wajib seragam hitam IPSI dengan sabuk berwarna orange. Atlet menyiapkan body protector, pelindung kemaluan (genitical protector), dan pelindung kaki masing-masing dari kontingen sendiri.

Tidak ada toleransi pada saat penimbangan baik itu atas maupun bawah dan timbangan yang digunakan adalah timbangan yang disediakan oleh pihak panitia. Bagi atlet yang menggunakan kawat gigi agar menggunakan gum shield yang sesuai dengan standar olahraga.

Bila terjadi insiden/kecelakaan saat pertandingan, panitia menyiapkan pertolongan pertama medis pertandingan dan apabila harus dibawa atau dirujuk ke rumah sakit maka dari itu segala biaya dan beban menjadi tanggungan masing-masing kontingen.

Pengajuan keberatan mengikuti yang sudah ada pada buku peraturan 2022

Manager, pelatih, official, atlet dan seluruh supporter yang ada wajib mengikuti peraturan yang dibuat oleh panitia dan apabila ada yang melanggar maka akan dikenakan sanksi berupa dikeluarkan dari lokasi atau didiskualifikasi atlet yang bermain.

Kategori tanding usia dini dan pra remaja bermain 2 babak 1 menit 30 detik kotor dari awal sampai akhir. Kategori tanding remaja dan dewasa bermain 2 babak 1 menit bersih di penyisihan dan semi final kemudian di final 3 babak 1 menit bersih. Semua kategori dengan jeda istirahat 30 detik.

Penghargaan dan hadiah
1. Setiap peserta juara 1,2 dan 3 bersama setiap kelas mendapat medali dan sertifikat
2. Juara umum 1 mendapatkan Piala Bergilir, Piala Tetap dan Uang Pembinaan
3. Juara umum 2 mendapatkan Piala Tetap dan uang Pembinaan
4. Juara Umum 3 mendapatkan Piala Tetap dan uang Pembinaan
5. Cashback bagi setiap pelatih Rp.10.000 per atlet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan