Wisuda SD Islam Qur’ani Temanggung Suguhkan Aneka Karya Pelajar Pancasila

TEMANGGUNG, HARIANNEWS.ID – Sekolah Dasar (SD) Islam Qur’ani Temanggung tampil memeriahkan acara wisuda Tahfiz dan Akhirussanah, serta gelar karya P5 di Gedung Graha Bhumi Phala Setda Temanggung.

Ketua Yayasan Bintang Sembilan Apriadi Sanja Birmana ketika ditemui di kantornya Kamis 15 Juni 2023 menjelaskan, Yayasan Bintang Sembilan SD Islam Qur’ani Temanggung telah melaksanakan Wisuda Tahfiz dan Akhirussanah Tahun 2022/2023 yang berlangsung di Graha Bhumi Phala Temanggung dengan meriah diwarnai penampilan kreasi siswa dibidang karya dan seni budaya lokal.

Bacaan Lainnya

Terdapat 9 siswa Tahfiz yang terdiri dari satu siswa kelas satu, dua siswa dari kelas dua, dan 6 siswa dari kelas tiga diwisuda, sekaligus menjadi lulusan yang dilahirkan untuk menjadi penghafal Al Qur’an juz 30.

Kegiatan pembelajaran menggunakan pola terpadu yaitu memberikan materi umum sesuai kurikulum pendidikan dasar, dan mengajar anak hafal Al-Quran.

Tema kegiatan adalah mengembangkan kearifan lokal dan ini menjadi dasar penuangan ide-ide kreatif pentas seni budaya di panggung yang menyemarakkan gelaran wisuda siswa tahun ajaran 2022/2023.

Adapun Akhirussanah, diantaranya gelar karya Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila atau P5, InsyaAllah SD Islam Qur’ani bisa menjadi tempat untuk menghasilkan insan Islami yang diharapkan nantinya menjadi pemimpin- pemimpin yang berkarakter, berakhlakul karimah dan berpondasi Al Qur’an.

Kepala Sekolah, Kuni Adiba menambahkan, dalam membentuk pola hafalan tentunya dengan menyesuaikan kemampuan dan rutinitas anak didik. Nuansa pembelajaran diupayakan menciptakan lingkungan Tahfiz yang menyenangkan untuk anak didik, agar tidak terbebani dalam menghafalkan Al Qur’an.

Dalam belajar setiap harinya, para guru mengajarkan kedisiplinan, serta istiqomah, dan ini merupakan metode pembelajaran plus yang spesifik digunakan di SD Islam Qur’ani dalam melatih anak-anak didiknya dalam tahfidz Al Qur’an.

SD Islam Qur’ani memang mempunyai target capaian hafidz dan hafidzoh, akan tetapi semua harus seimbang, tidak fokus hanya kepada yang sudah ditargetkan, tetapi disesuaikan dengan kemampuan para siswa.

Ketua PCNU Kabupaten Temanggung Muhammad Furqon mengatakan, model pendidikan di SD Islam Qur’ani adalah metode gabungan antara pembelajaran umum, agama dan akhlak yang merupakan kebutuhan mendasar manusia.

Ia berharap, siswa-siswi peserta didik yang telah diwisuda agar kedepannya, dapat tetap mengemban dan menjaga hafalan-hafalan, serta terus menambah rasa cintanya terhadap Al Qur’an, sehingga bisa terus melanjutkan perjuangan untuk mencetak generasi – generasi Qur’ani yang berakhlakul karimah.

Kepala bagian Kesra Setda Temanggung Tulus Mardiyono menandaskan bahwa Yayasan Bintang Sembilan masih membutuhkan dukungan dana operasional sekolah agar mampu memberikan bimbingan terbaik kepada siswa-siswinya.

Untuk itulah diucapkan terimakasih kepada lembaga maupun perorangan yang telah membantu dan mendukung suksesnya prosesi wisuda dan Akhirussanah serta pembelajaran di SD Islam Qur’ani Temanggung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan