Pemkab Probolinggo Gelar Uji Kompetensi untuk Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Surabaya, HARIANNEWS.ID  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar uji kompetensi (job fit) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama berupa penilaian wawancara di Grand Dafam Signature Surabaya, Selasa dan Rabu (13-14/6/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dan Asisten Komisioner ASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah I H. John Febrianto yang hadir dalam Virtual di Kantor Komisi ASN Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Uji kompetensi ini diikuti sebanyak 23 orang terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIb) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Metode penilaian dilakukan pada penelusuran rekam jejak jabatan, penulisan makalah dan pendalaman materi makalah melalui wawancara oleh panitia seleksi.

Kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengungkapkan uji kompetensi ini dimaksudkan untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai, apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki olah Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas jabatan.

“Tujuannya untuk memetakan kompetensi pegawai yang dapat dimanfaatkan untuk penempatan rotasi/mutasi pegawai dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi serta untuk memberikan pedoman bagi Pejabat Pembina Kepegawaian dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier PNS,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam menyelenggarakan kegiatan ini dapat berjalan lancar.

“Saya berharap melalui kegiatan uji kompetensi ini akan menghasilkan aparatur pemerintahan yang memiliki kompetensi dan integritas dalam menjalankan roda pemerintahan yang efektif serta mampu menunjukan pencapaian dalam target sasaran pembangunan daerah sebagaimana visi misi Bupati,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, uji kompetensi ini dilakukan untuk mengukur potensi dan kompetensi seorang pejabat serta menggali dan menentukan kemampuan yang dimiliki oleh pejabat tersebut.

“Hasil uji kompetensi ini selanjutnya dijadikan bahan pertimbangan dalam pelaksanaan rotasi dan mutasi. Untuk itu, saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga memperoleh hasil yang maksimal dan akurat,” jelasnya.

Wabup Timbul meminta kepada para peserta agar terus meningkatkan kemampuan teknis dan spesialisasi yang dimiliki, kemampuan kompetensi manajerial dalam memimpin organisasi serta meningkatkan kompetensi sosial cultural yang berkaitan dengan etika dan moral.

“Tantangan birokrasi ke depan semakin berat. Untuk itu dibutuhkan pejabat yang memiliki kemampuan akselerasi kerja, kemampuan kreatifitas dan inovasi kerja untuk mewujudkan Kabupaten Probolinggo yang maju dan inovatif. Semoga dengan adanya uji kompetensi ini akan terwujud SDM aparatur yang lebih berkompeten dan profesional dalam tugas-tugas pelayanan publik yang prima,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan