Bupati Nina Agustina Dampingi Anggota Komisi V DPR RI

Indramayu, HARIANNEWS.ID – Bupati Indramayu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka menerima kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Anggota Komisi V DPR-RI ke Kabupaten Indramayu di Ruang Rapat Ki Tinggil, Senin (12/6/2023).

Rombongan anggota Komisi V DPR-RI yang dipimpin oleh Roberth Rouw selaku Wakil Ketua Komisi V sebelumnya meninjau titik lokasi proyek strategis Nasional yakni Rentang Irrigation Modernization Project di Desa Rancajawat, Kecamatan Tukdana, Pantai Lombang dan Karangsong serta aliran sungai Prajagumiwang di Desa Pabean Udik.

Bacaan Lainnya

Dalam tinjauannya, anggota Komisi V DPR RI turut didampingi Bupati Indramayu, Nina Agustina, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, jajaran Forkopimda dan Kepala SKPD terkait, serta Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis), Dwi Agus Kuncoro beserta jajarannya.

Bupati Nina menyampaikan, Pemkab Indramayu sangat menyambut baik dengan kehadiran anggota Komisi V DPR RI di Indramayu. Dengan adanya kunjungan tersebut, diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Komisi DPR RI yang diantara tugasnya adalah membidangi infrastruktur guna mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Indramayu agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

“Selamat datang di Kabupaten Indramayu, kami siap berkolaborasi dengan Komisi V beserta dengan mitranya terkait dengan pembangunan yang ada di Kabupaten Indramayu,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Roberth Rouw dalam sambutannya menjelaskan, kunker spesifik dilakukan dalam rangka melakukan monitoring secara langsung pembangunan sarana dan prasarana pembangunan infrastruktur di bidang Sumber Daya Air (SDA) baik itu yang sedang berlangsung maupun yang akan diusulkan oleh Pemkab Indramayu dengan sumber pembiayaan dari APBN maupun sumber lainnya.

“Sebagaimana kita ketahui, Kabupaten Indramayu sebagai salah satu daerah lumbung pangan di pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan laut jawa, pembangunan untuk modernisasi irigasi rentang sangat dibutuhkan saat ini dan waktu mendatang karena bertujuan untuk ketahanan pangan Nasional,” jelasnya.

Selain itu, dirinya menerangkan, pembangunan pemecah ombak (Breakwater) di sepanjang bibir pantai di wilayah Kabupaten Indramayu menjadi perhatian serius karena bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir rob yang sudah sering melanda beberapa daerah di Kabupaten Indramayu.

“Oleh sebab itu kami menghimbau kepada mitra komisi V DPR-RI yaitu kementerian PUPR untuk fokus perhatiannya terhadap pembangunan serta sarana infrastruktur ini dan menjalin komunikasi serta koordinasi yang aktif dengan Pemkab Indramayu,” terang Roberth Rouw.

Melalui kunker spesifik ini, menurut Roberth Rouw, komisi V DPR RI ingin melihat dan mendengarkan secara langsung bagaimana mitra Komisi V DPR RI sebagai pelaksana kegiatan pembangunan sarana prasarana infrastruktur di Provinsi Jawa Barat dan juga menginventarisir permasalahan yang mungkin ditemukan dalam kegiatan pembangunan pembangunan infrastruktur di bidang Sumber Daya Air (SDA) tersebut.

“Diskusi dan dengar pendapat yang dilakukan pada pertemuan ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk komisi V DPR-RI,” tandasnya

Pada kesempatan yang sama, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman juga memaparkan terkait apa yang akan diusulkan dalam pembangunan sarana dan prasarana Infrastruktur SDA maupun transportasi di Kabupaten Indramayu, di mana pembahasan secara lengkap dan terinci akan disampaikan melalui proposal yang akan diusulkan.

“Kami mohon dari Komisi V DPR-RI bisa memfasilitasi mitranya yaitu Kementerian PU untuk mengakomodir usulan pembangunan di Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan