Berikan Edukasi Langsung Ini Pesan Bripka Waluyo

Banyuwangi,hariannews.id — Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi, Kapuran, Kalipuro, Banyuwangi merupakan salah satu dari beberapa dermaga yang dimiliki oleh Kabupaten Banyuwangi. Untuk itu perlu dilakukan patroli dan pengawasan rutin oleh pihak keamanan khususnya Satpolairud dalam menjaga Kamtibmas tetap terjaga.

Kegiatan patroli dialogis dan pengawasan yang dilaksanakan pada hari Rabu, (20/12/2023) sekira pukul 08.15 WIB.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi Kompol Masyhur Ade, S.I.K, M.H melalui personel jaga Bripka Waluyo mengatakan giat patroli dialogis dan pengawasan yang dilakukan berada di wilayah pelabuhan Tanjungwangi merupakan salah satu dermaga yang ramai (padat) dalam melakukan aktivitas bongkar muat baik kargo maupun non kargo.

Lebih lanjut, dermaga pelabuhan Tanjungwangi merupakan salah satu pesisir di wilayah Kapuran dengan didominasi kapal yang sedang melakukan aktivitas bongkar muat, minimnya pengetahuan buruh tentang pentingnya alat keselamatan kerja masih cukup tinggi yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja karena minimnya kepedulian akan keselamatan kerja sangat mendominasi dalam giat binmas di wilayah itu.

Selain memberikan pengarahan, Bripka Waluyo juga menjelaskan beberapa penyebab kecelakaan kerja yang bisa diakibatkan dari faktor alam saja, melalaikan masih banyak buruh, nelayan, penyedia jasa dan pengguna jasa yang abai terhadap pentingnya kelengkapan keselamatan. Untuk itu kita mengimbau jangan pernah lengah.

Untuk itu pentingnya ketersediaan dan pemakaian peralatan keselamatan juga bermanfaat untuk meminimalisir resiko kecelakaan pada saat melaksanakan aktivitas bongkar muat maupun pada saat pelayaran yang mengakibatkan terjadinya korban jiwa.

Pada saat giat patroli dialogis dan pengawasan berlangsung personel menggunakan satu unit kendaraan dinas roda empat dengan Nopol 1001-44 serta situasi pelabuhan Tanjungwangi terpantau aktivitas bongkar muat sedang berlangsung.

Harapannya dengan adanya kegiatan patroli dan binmas yang dilaksanakan dapat memberikan pemahaman kepada Buruh Angkut, Abk, Nelayan, Penyedia Jasa, Pengguna Jasa dan Nakhoda jangan mengabaikan pentingnya keselamatan dan selalu utamakan keselamatan saat beraktifitas di laut maupun bongkar muat.(Putra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan