Giat Jumat Curhat Kapolsek Sugio Bersama Anggota Bertempat di Balai Desa Supenuh Kecamatan Sugio

Lamongan.hariannews.id,

Kapolsek Sugio AKP Muhammad Lukman Hadi, SH,MH, laksanakan kegiatan Jumat Curhat,Jumat Sehati nertempat di Balai Desa Supenuh, Kecamatan Sugio (20/10/23).

Bacaan Lainnya

Kegiatan Jumat Curhat merupakan salah satu giat pelaksanaan Program Prioritas Kapolri yang dilaksanakan dengan cara penyuluhan atau edukasi tatap muka dengan Tokoh/Kepala Desa/Lurah, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda ke desa-desa atau kelurahan, tempat-tempat umum (Pasar dan terminal).

Giat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum kepada warga masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan dan kelompok komunitas, baik berupa peningkatan kemitraan dan memperoleh masukan-masukan tentang Kamtibmas secara langsung dari masyarakat.

Hadir dalam giat tersebut,:
1, AKP Muhammad Lukman Hadi,SH,MH, (Kapolsek Sugio)
2, Bhabinsa Desa Supenuh
3, Briptu Angga Eka A (Bhabinkamtibmas)
4. Perwakilan Perangkat Desa Supenuh
5. Perwakilan Warga Masyarakat
6. Perwakilan Pemuda
7. 2 (Dua) Anggota Polsek Sugio

Dalam arahannya, Kapolsek Sugio Akp Muhammad Lukman Hadi, SH.MH, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar dapat menghindari permasalahan-permasalahan yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.srperti point-point di bawah ini.

a. Penyampaian/paparan oleh Kepala Desa Supenuh Bapak ACHMAD yang intinya :*
1. Ucapan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Jum’at Curhat yang di laksanakan oleh Kapolsek Sugio bersama anggota Sugio.
2. Adapun maksud dari Jum’at Curhat ini adalah sebagai jaringan kedekatan Pemerintah Desa, Polsek Sugio dengan warga masyarakat.
3. Apapun permasalahan yg ada di desa-desa, dusun agar disampaikan.
4. Penyampaian situasi Desa Supenuh (Ipoleksosbudkam). Bahwa wilayah Desa Supenuh sampai saat ini masih dalam keadaan aman kondusif masyarakat hidup saling berdampingan. Terkait dengan organisasi perguruan silat yang ada di wilayah desa Supenuh Alhamdulillah rukun dan damai tanpa adanya gesekan.

*c.* Paparan Kapolsek Sugio AKP MUHAMMAD LUKMAN HADI, S.H., M.H. :
1. Perkenalan Nahkoda baru Polsek Sugio AKP MUHAMMAD LUKMAN HADI, S.H., M.H. menggantikan AKP ALI FATONI, SH. yang menjadi Kapolsek Kembangbahu. Perkenalkan Kapolsek baru yang sebelumnya bertugas di Polsek Brondong Polres Lamongan. Bahwa kami hadir di sini untuk melaksanakan salah satu kegiatan yaitu Jum’at Curhat yang intinya ingin menjaring permasalahan yang ada di desa, kegiatan tersebut sama seperti yang pernah dilaksanakan Kapolsek sebelumnya.
2. Ada beberapa hal yang perlu sampaikan terkait Kamtibmas wilayah antara lain :
a. Musim kemarau panjang rawan kekeringan, agar warga masyarakat lebih bijak dalam menggunakan air bersih, agar tidak cepat habis dan untuk warga masyarakat yang kekurangan air bersih bisa disampaikan agar bisa berikan bantuan air bersih.
b. Kejadian kriminalitas :
– Beberapa kejadian Curanmor di wilayah Sugio dalam akhir- akhir ini, mari kita jaga harta bergerak kita masing” (sepeda motor, perhiasan).
– Kejahatan bukan hanya di karenakan niat tapi adanya kesempatan juga salah satu pendukung seseorang untuk berbuat jahat.
– Kita harus berhati hati pada diri sendiri dan juga menjaga kehati hatian orang lain utamanya saat berkendara dijalan raya agar terhindar dari kecelakaan.
c. Diharapkan warga masyarakat tetap membawa kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, jaket dan Helm untuk menghindari kecelakaan. Apalagi saat mengurus Surat ke Polsek Sugio baik itu SKCK, Kehilangan atau yang lainnya agar selalu menggunakan helm saat berkendara roda dua.
d. Terkait pembongkaran tugu perguruan silat, kami Forkopimcam telah mengumpulkan semua ketua Perguruan silat se Kecamatan Sugio.
– Di kecamatan Sugio terdapat 33 tugu perguruan silat.
– Kami/Polsek Sugio sudah berulang kali melakukan koordinasi dan penggalangan terkait pembongkaran tugu, dan satu alasannya adalah kami perguruan silat sudah ijin ke Desa.
– Bahwa surat himbauan dari Kesbangpol Provinsi, Kapolda dan pangdam sudah jelas, bahwa tugu yang ada di tanah bukan kepemilikannya agar di bongkar.
e. Terkait Kebakaran agar warga masyarakat lebih berhati-hati dalam membakar sampah, semak, maupun membuat bediang untun hewan ternak, agar warga menggunakan wadah seperti tong besi, drum atau bong bis yang dapat menahan api agar tidak menjalar dan menyebabkan kebakaran. Karena di Lamongan sering terjadi kebakaran baik Kandang hewan Ternak maupun hutan. Kemarin hutan di kecamatan Mantup terbakar cukup hebat dan untuk wilayah kecamatan Sugio seminggu terakhir terjadi 2 kali kebakaran yang pertama di rumpun bambu dusun Suci desa Jubellor dan yang kedua di semak-semak dusun Jogo desa Jubel Kidul.
f. Ucapan banyak terima kasih atas kerjasama, dukungan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan kepala desa yang banyak membantu dalam menciptakan kondusifitas wilayah Kecamatan Sugio.

E. PERMASALAHAN :
1. Kebakaran : Warga masyarakat khawatir akan terjadinya kebakaran karena musim kemarau yang panjang.
*JAWAB :*
• Kapolsek Sugio : Warga masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati saat menyalahkan api, seperti saat membuat bediang untuk ternak usaha menggunakan wadah dari besi atau beton yang tidak mudah terbakar dan jauhkan dari tumpukan jerami maupun benda-benda yang mudah terbakar. Jangan membakar sampah didekat semak-semak kering, jangan membuang putung rokok sembarang. Mari kita sama-sama mengingatkan dan saling menjaga agar tidak terjadi kebakaran. Bila terjadi kebakaran langsung hubungi perangkat desa atau Polsek Sugio. Bisa langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran :
– Damkar Lamongan : (0322) 321113
– Damkar Babat : 082334268113
– Damkar Ngimbang : 085755926113
– Damkar Paciran : (0322) 662113

2. Bullying : Terkait pemberitaan dimedia maraknya kasus bullying yang menimpa anak sekolah maupun yang sudah lulus dan sampai harus dirawat dirumah sakit. Para orang tua khawatir anaknya menjadi korban bullying yang dilakukan teman sekolahnya. Agar kiranya Kepolisian memberikan pemahaman kepada siswa sekolah agar kejadian tersebut tidak terjadi diwilayah kecamatan Sugio.
*JAWAB :*
• Kapolsek Sugio : Terkait Bullying kami Kepolisian sudah sering melakukan Sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun siswa agar Stop Bullying. Tidak melakukan bullying kepada temannya. Baik Secara Langsung atau melalui Bhabinkamtibmas yang ada didesa masing-masing. Kami juga mengajak anak-anak untuk tidak membedakan dalam berteman, jangan mengucilkan salah satu teman yang memiliki kekurangan, bila ada permasalahan disekolah laporkan kepada guru agar bisa dimusyawarahkan untuk mencari jalan keluar.

Kami juga mengharapkan peran orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya. Karena orang tua adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya. Orang tua aktif menasehati anak bilamana melakukan kesalahan, utamanya yang masih usia SD yang belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

3. Kekeringan : Terkait musim Kemarau yang panjang, wilayah di desa Supenuh mulai merasakan sulitnya mencari sumber air bersih, agar kiranya ada bantuan air bersih yang dapat digunakan untuk warga memenuhi kebutuhan sehari-hari.
*JAWAB :*
• Kapolsek Sugio : Terkait Kekeringan kami akan berkoordinasi bersama Forkopimcam agar berupaya untuk memberikan bantuan air bersih untuk warga masyarakat yang terdampak kekeringan. Kami juga akan bekerjasama dengan pihak terkait agar dapat memberikan bantuan air bersih. Warga masyarakat juga dihimbau untuk menghemat dalam menggunakan air bersih, agar air bersih tidak terbuang sia-sia, mengingat kita tidak tahu sampai kapan musim kemarau akan berlangsung. Semoga hujan bisa segera turun agar warga masyarakat tidak lagi kesusahan air bersih.

(Zam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan