Desa Cibitung Berpotensi Jadi Desa Mandiri 

Bogor.hariannews.id – Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, berpotensi menjadi Desa Mandiri Pangan.

Hal ini dikarenakan masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui pengembangan sub-sistem ketersediaan, sub-sistem distribusi, dan sub-sistem konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya setempat secara berkelanjutan.

Kepala Desa Siti Masitoh pada hari Jumat 21/07/2023 mengatakan, “Tujuan dari ketahanan pangan adalah untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat miskin pedesaan dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara optimal, dalam mencapai kemandirian pangan rumah tangga dan masyarakat, sedangkan sasarannya adalah rumah tangga miskin di desa rawan pangan agar bisa tercapai kemandirian masyarakat,” ucapnya.

Upaya untuk mewujudkan hal tersebut pihak Pemdes melakukan trobosan guna membekali masyarakat dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dan mengoptimalkan fungsi Bumdes

“Kegiatan pelaksanaan dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat, penguatan kelembagaan, pengembangan sistem ketahanan pangan, serta integrasi program sub-sektor dan lintas sektor dalam menjalin dukungan sarana dan prasarana perdesaan,” paparnya.

“Keberhasilan memenuhi ketahanan pangan di Desa Cibitung Tengah diharapkan bisa menghasilkan ketersediaan pangan dari hasil produksi masyarakat desa,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan