Giat Ju’mat Curhat Sehati Kapolsek Sugio AKP M Lukman Hadi SH MH Bersama Anggota di Desa Daliwangun Kecamatan Sugio

Lamongan.hariannews.id

Kapolsek Sugio AKP Muhammad Lukman Hadi, S,H,M,H,Laksanakan Kegiatan Ju’mat Curhat, Ju’mat Sehati Bertempat di Balai desa Daliwangun,kecamatan Sugio, (08/12/23).

Bacaan Lainnya

Kegiatan Ju’mat Curhat merupakan salah satu giat Pelaksanaan Program Prioritas Kapolri yang dilaksanakan dengan cara penyuluhan atau edukasi tatap muka dengan Tokoh/Kepala Desa/Lurah, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda ke desa-desa atau kelurahan, tempat-tempat umum (pasar dan terminal).

Giat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum kepada warga masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan dan kelompok komunitas, baik berupa peningkatan kemitraan dan memperoleh masukan masukan tentang Kamtibmas secara langsung dari masyarakat.

Hadir dalam giat tersebut YOSEP DWI PRIHATONO, S.H., M.H. (Camat Sugio), AKP M LUKMAN HADI S.H.,M.H. (Kapolsek Sugio), Kapten CKU YANTO BUDI UTOMO, SE. (Danramil Sugio),  SUSILO WAHYUONO, SH. (Sekcam Sugio), MOCH. YUSUF (Kepala Desa Daliwangun), Perangkat Desa Daliwangun, Perwakilan Warga Masyarakat, Perwakilan Pemuda, anggota Polsek Sugio serta anggota Koramil Sugio.

Dalam arahannya, Kapolsek Sugio Akp Muhammad Lukman Hadi, SH.M,H, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar dapat menghindari permasalahan-permasalahan yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.srperti point-point di bawah ini.

a. Penyampaian/paparan oleh Kepala Desa Daliwangun MOCH. YUSUF yang intinya :*
1. Ucapan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Jum’at Curhat yang di laksanakan oleh Kapolsek Sugio bersama anggota Sugio.
2. Adapun maksud dari Jum’at Curhat ini adalah sebagai jaringan kedekatan Pemerintah Desa, Forkopimcam, Polsek Sugio dengan warga masyarakat.
3. Apapun permasalahan yang ada di desa maupun dusun agar disampaikan.
4. Penyampaian situasi Desa Daliwangun (poleksosbudkam). “Bahwa wilayah Desa Daliwangun sampai saat ini masih dalam keadaan aman kondusif masyarakat hidup saling berdampingan. Terkait dengan organisasi perguruan silat yang ada di wilayah desa Daliwangun Alhamdulillah rukun dan damai tanpa adanya gesekan” ungkap Kades.

Sambutan YOSEP DWI PRIHATONO, SH. MH (Camat Sugio) bahwa kegiatan Jum’at Curhat yang dilaksanakan Kapolsek Sugio sangat membantu Pemerintahan Kecamatan Sugio khususnya dalam menampung dan mencarikan solusi atas permasalahan yang dialami warga masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya.

“Terkait Tahun Politik, kami menyampaikan agar masyarakat tetap rukun dan jaga keamanan lingkungan meskipun berbeda pilihan dalam pemilu, apapun hasilnya nanti kita serahkan kepada Panitia Pemilu” ucapnya.

Paparan Danramil Sugio Kapten CKU YANTO BUDI UTOMO, SE. yang intinya Mengajak kita sama-sama menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Sugio agar tetap aman dan kondusif apalagi mendekati pelaksanaan pemilihan umum.

“Kami juga akan ikut membantu menyelesaikan permasalahan yang ada dimasyarakat, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera, aman dan damai” paparnya.

Kapolsek Sugio AKP MUHAMMAD LUKMAN HADI, S.H., M.H. mengungkapkan beberapa hal yang perlu sampaikan terkait Kamtibmas wilayah antara lain :

Kejadian kriminalitas :
– Kejadian Curanmor di wilayah Sugio dalam akhir- akhir ini mulai menurun, akan tetapi kita jangan lalai, “Mari kita jaga harta bergerak kita masing-masing (kendaraan bermotor, perhiasan)” tegasnya.

Kejahatan bukan hanya dikarenakan niat tapi adanya kesempatan juga salah satu pendukung seseorang untuk berbuat jahat.
Masyarakat harus berhati-hati pada diri sendiri dan juga menjaga kehati-hatian orang lain utamanya saat berkendara dijalan raya, agar terhindar dari kecelakaan.

“Anak-anak utamanya yang masih sekolah dihimbau jangan kebut-kebutan apalagi dijalan raya, selain mengganggu pengguna jalan yang lain juga sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain” paparnya.

Diharapkan warga masyarakat tetap membawa kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, jaket dan helm untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Apalagi saat mengurus Surat ke Polsek Sugio baik itu SKCK, Kehilangan atau yang lainnya agar selalu menggunakan helm saat berkendara roda dua, berpakaian yang rapi.

“Memasuki musim tanam padi warga masyarakat mengeluhkan sulitnya mencari pupuk bersubsidi, yang non subsidi banyak namun harganya sangat tinggi” tanya salah satu peserta

Kapolsek Sugio memberikan penjelasan terkait pupuk bersubsidi bahwa pupuk bersubsidi memang ada pengurangan, diharapkan para petani lebih selektif dalam penggunaan pupuk bersubsidi, agar dapat mengurangi jumlah pupuk yang digunakan.

“Mengingat pupuk bersubsidi agak sulit untuk didapatkan. Kami akan melaksanakan koordinasi bersama UPT Dinas Terkait guna mencari solusi terbaik untuk mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi. Apabila dalam penggunaanya jumlah pupuk bersubsidi dirasa masih kurang, petani bisa membeli pupuk non subsidi sebagai tambahan untuk memupuk lahan pertanian” ucapnya.

Warga masyarakat mengkhawatirkan akan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor mengingat curah hujan yang semakin tinggi.

Kapolsek Sugio menghimbau warga masyarakat agar selalu siap siaga bila mana sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, apalagi akhir-akhir ini curah hujan semakin meningkat.

“Untuk mencegah terjadi hal tersebut kami menghimbau agar warga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan apalagi di saluran air seperti sungai dan parit, karena dapat menyumbat jalannya air dan menyebabkan banjir. Warga masyarakat juga diajak untuk tidak menebang hutan sembarangan, selain sebagai serapan air hujan, hutan juga berfungsi menjaga pergeseran tanah, yang mana bila hutan gundul akan mudah terjadi banjir dan tanah longsor” paparnya

“Bila terjadi bencana alam segera laporkan ke kami atau bisa melalui Perangkat Desa setempat, Kami Forkopimcam Sugio siap siaga membantu bilamana terjadi bencana alam” katanya.

“Kami juga mengajak warga masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berkendara utamanya saat malam hari, apalagi saat melewati tempat yang sepi dan kurang penerangan. Jika tidak ada keperluan yang mendesak kurangi bepergian keluar rumah saat malam hari, kalaupun terpaksa keluar rumah jangan sendirian, setidaknya ajaklah 1 atau 2 orang untuk menemani.
Selalu berhati-hati dan waspada, mari kita jaga dan kita ciptakan wilayah kecamatan Sugio yang aman dan kondusif menjelang Pemilu tahun 2024” ucapnya.

Kepolisian mengajak warga masyarakat khususnya Kecamatan Sugio untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Sugio menjelang Pemilihan Umum tahun 2024. “Mari ciptakan Pemilu yang aman dan damai, meskipun berbeda-beda pilihan tetap seduluran (persaudaraan) jaga kerukunan dan persaudaraan antar sesama. Berbeda pilihan jangan menjadikan kita saling bermusuhan, saling iri, saling mencaci dan menjelek-jelekkan calon maupun pendukung calon lain.

“Demi menjaga agar wilayah tetap aman kami laksanakan himbauan dengan terjun langsung, pendekatan kepada warga masyarakat. Juga melalui banner himbau yang telah dipasang di beberapa tempat. Ayo jaga situasi keamanan dan ketertiban sebelum, saat pemilu dan pasca pemilu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” pungkasnya.

(Zam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan